Juni 25, 2011

Masalah wlan RT2680 asus eeepc tidak aktif di blankon 6.0

Huuffftt…..

Perasaan lega dan senang akhirnya bermukim di hatiku. Kenapa tidak? Hampir 3 bulan sejak diperkenalkan linux BlankOn oleh seorang senior (Simon), akhirnya masalah wifi yang tidak bisa aktif di notebook tercintaku telah terselesaikan. Aneh bin nyata waktu install BlankOn berjamaah di Kampus dulu, hanya di kompi saya yang menemui masalah wifi tidak bisa digunakan. Tambah aneh lagi waktu saya coba install distro lain (Ubuntu 11.04) wifi saya sangat-sangat berfungsi dengan baik. Namun (ada kata Namunnya) permasalahan lain yang ditemui dimana ubuntu tidak bisa Shutdown kecuali dimatikan manual atau istilah teman2 dikampus Booting Panas. Tapi kali ini saya tidak akan membahas itu.

Waktu demi waktu saya gunakan hanya untuk memecahkan masalah ini, beragam referensipun saya jambangi. Mulai dari sang senior sendiri sampai di Om kita semua (GOOGLE). Beragam cara dan trik pula saya dapatkan hingga Install Ulangpun adalah langkah terbaik jika menemukan jalan buntu.

Tapi mengingat pesan2 senior yang mengatakan "Berusahalah menyeleseikan masalah kamu sendiri sebelum meminta bantuan dari orang lain", sayapun semakin semangat dan tak pernah menyerah untuk berikhtiar. Mulai dari menggabungkan file installer antara distro lain yang hasilnya ngga karuann, mengganti-ganti driver dari wifi saya, mengedit-edit script (Coding) yyah walaupun sy tidak terlalu paham ta' hantam saja. Hehehe.. hingga akhirnya saya sedikit putus asa.

Setelah akhirnya diam beberapa waktu, dan juga stelah system habis saya acak-acak, saya mencoba buka kembali materi2 yang pernah dicopy tentang masalah ini. Dengan mengikuti langkah demi langkah akhirnya perjuanganku berhasil juga…Wwah.. knp saya bercerita panjang-lebar yahh? Lebaykan?? Sorry nah kwand2 skalian. To the point sj dah.

  1. Pertama-tama saya download source yang namanya "ndiswrapper" (cari di Om).
  2. Masuk ke terminal (ctrl + alt + T)
  3. Kemudian ekstrak paket tersebut

"$ tar xzvf ndiswrapper-x.xx.tar.gz"


  1. Masuk ke foldernya

"$ cd ndiswrapper-x.xx"


  1. Compile sourcenya

"$ make"


  1. Install ke laptop

"$ make install"


  1. Setelah itu, lanjutkan dengan menginstall drivernya

"$ ndiswrapper –i namafile.inf"

Cat : driver namafile.inf diambil dari driver wlan untuk windows, biasanya ada pada CD Driver yang ikut serta pada Kompi.


  1. Setelah sukses install driver, coba cek

"$ ndiswrapper –l"

akan muncul pesan bahwa driver telah diinstall. Tapi bila muncul invalid driver, berarti driver anda tdak cocok, coba cari yang lain.


  1. Jika driver cocok, lanjutkan probing module ke system linux

"$ modprobe ndiswrapper"


  1. Jika sudah selesei silahkan coba aktifkan WLAN:

"$ ifconfig wlan0 up"


  1. Jika tidak ada pesan yang muncul berarti wlan siap digunakan. Selanjutnya kita coba scan hotspot yang terjangkau.

"$ iwlist wlan0 scan"


  1. Akan muncul beberapa jaringan hotspot. Pilh salah satunya:

"$ iwconfig wlan0 essid "nama_hotspot""


  1. Ok selanjutnya minta IP otomtis:

"$ dhclient wlan0"


Nahh sekarang sudah bebas berinternet secara bebas dengan wireless. Tapi, tapiiiiiiii masalah lain yang muncul di kompi sya yakni icon koneksi/ jaringan yang ada di panel malah hilang. Itu merupakan tantangan lain lagi. Jangan Menyerah!!

0 comments:

Posting Komentar