Maret 25, 2009

Membuat Windows XP bekerja Lebih Gesit

Rasanya tidak seorangpun pengguna komputer yang tidak mengenal atau setidaknya pernah mendengar salah satu sistem operasi buatan Microsoft, yaitu Windows XP. Sistem operasi ini adalah generasi penerus dari sistem operasi Windows 2000 dan tersedia dalam dua versi yaitu Home Edition dan Professional.
Dengan pengembangan interface yang kian menarik, disertai dengan fungsi dan fitur yang relatif jauh lebih baik dibanding generasi Windows sebelumnya, rasanya tidak berlebihan jia ada yang mengatakan bahwa Microsoft Windows XP series adalah sistem operasi yang paling nyaman digunakan untuk saat ini. Tentunya bagi pengguna komputer Windows based.

Namun yang tak kalah serunya juga adalah anggapan bahwa Windows XP sangat menghabiskan resource komputer yang ada, baik dari penggunaan prosesor mapun memori. Hal itu membuat komputer yang memiliki spesifikasi hardware “pas-pasan” akan terasa lambat dan anjlok kinerjanya jika menggunakan sistem operasi ini.

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana menyiasatinya agar kinerja PC dengan spesifikasi pas-pasan tersebut dapat menjalankan Windows XP dengan sedikit lebih lancar? Segudang trik dapat dicoba, mulai dari mengutak-atik setting registry, mengubah setting Performance Options dari System Properties, meminimalisasi pilihan Startup Item di menu System Configuration Utility, hingga menggunakan software third party.

Yang lebih mudah digunakan dan terkadang dapat memberikan fasilitas untuk mengubah setting yang tidak tersedia pada pengubahan setting via Windows adalah menggunakan software third party. Salah satu di antaranya yang dapat digunakan adalah SpeedXP. Software ini dapat di-download secara cuma-cuma dari situs http://chirisoft.cjb.net.

0 comments:

Posting Komentar