Juni 10, 2009

Memindahkan Mesin Pencari Internet Ke Desktop

Kok baru sekarang terpikir, ya? Untuk memindahkan mesin pencari Internet ke pangkuan sang dekstop. Sebetulnya ada pertanyaan yang sudah diajukan dari jauh-jauh hari dulu, “Kenapa bisa pencarian data di Internet dengan database yang gila-gilaan besarnya itu bisa jauh lebih cepat daripada pencarian di komputer pribadi dengan besar yang sepersekian-nya saja?
Pencarian sebuah judul dokumen di Internet bisa menghasilkan sekian juta hits dalam sepersekian detik, sementara proses yang sama pada PC tercinta belum tentu bisa selesai dalam lima belas menit (dan dengan hasil yang belum tentu muncul).



Itu juga membuahkan pertanyaan baru, sebetulnya ‘mesin’ apa sih yang digunakan para search engine untuk bisa melakukan itu? Dan kenapa kita tidak bisa menggunakan mesin yang sama tersebut pada komputer kita?

Semua pertanyaan tersebut sudah terjawab dengan munculnya dua pemain besar Internet ke dunia pencarian desktop; Google dan MSN. Meskipun keduanya masih dalam tahap beta, tetapi sekarang kita bisa berharap setidaknya kecepatan pencarian desktop bisa sedikit mengimbangi pendahulunya, si search engine internet.



Kata kuncinya adalah: Indexing

Sementara ‘sang Bapak’ – Google search engine - harus menangani sekitar 4 milliar halaman web dan membagi hasilnya kepada seluruh pengguna Internet, ‘sang Anak’ – Google Dekstop – memiliki pekerjaan yang jauh lebih ringan; membuat indeks dari isi data lokal di harddisk komputer Anda untuk menyediakan proses pencarian dengan gaya khas Google.

Setelah selesai proses penginstalan, mesin pencari versi mini ini akan langsung mulai memetakan jaringan penyimpanan dan melakukan sensus terhadap isi harddisk; semua dokumen seperti word, excel dan power point beserta file-file tipe lainnya. Untuk file gambar, musik dan movie, ia hanya mengindeks namanya saja. File PDF tidak akan diintip isinya, begitu pula dengan file zip.

Pusing mencari e-mail sang kekasih yang entah terselip di mana? Jangan takut, karena Google Desktop juga mengindeks isi pesan-pesan dalam Outlook dan Outlook Express. Isi pembicaraan AIM juga terekam dengan rapi bersama dengan Web History dari semua petualangan Anda di dunia maya. Yang termasuk dalam web history disini adalah isi dari IE History, daftar favorit, dan semua situs yang Anda kunjungi selama Google Desktop bertugas.

Jika diinginkan, Anda bisa menyuruhnya untuk melupakan semua situs-situs ‘dengan keamanan tinggi’ yang berawalan ‘https://’ dan juga bagian-bagian tertentu dari harddisk Anda yang berisi hal-hal yang rahasia.

Dalam pengetesan, dia berhasil menyelesaikan pengindeksan sekitar 4500 pesan dan 10,000 file dalam waktu kurang lebih 2 jam. Yang kurang adalah index bar (seperti yang muncul ketika kita sedang menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain) yang bisa menunjukkan kemajuan proses pendataan semua file dan pesan tersebut dan berapa lama lagi kita harus menunggu sampai proses tersebut selesai.

Tingkat keamanan juga dijamin oleh Google; semua berlangsung dalam skala lokal dan tidak ada sedikitpun data yang keluar dari komputer Anda menuju Google. Hanya jika Anda mengijinkan, Google Desktop akan membagi data-data statistik yang sifatnya non-personal (seperti berapa banyak Anda melakukan pencarian dan berapa lama pencarian itu bisa diselesaikan) untuk digunakan oleh Google.

0 comments:

Posting Komentar